Evakuasi Medis

“It wasn’t raining when Noah built the ark.”

— Howard Ruff (1931 – 2016)

Dalam keadaan sehat, kita seringkali tidak terpikir bagaimana menghadapi kondisi tubuh yang tidak sehat, apalagi menderita sakit kritis. Jika kita ditanya apa saja persiapan seseorang yang menderita penyakit parah atau kritis, seringkali kita tidak tahu atau hanya menjawab hal-hal yang terpikir di kepala kita, seperti dokter, rumah sakit, dan juga obat-obatan. Hampir tidak ada manusia sehat yang terpikir akan pentingnya evakuasi medis, baik darat maupun udara.

“Nabi Nuh membangun bahtera ketika hujan belum dimulai,” demikian kata Howard Ruff, seorang ekonom dan penulis buku financial. Beliau menasihati kita untuk bersiap-siap menghadapi segala jenis resiko yang ada. Sedia payung sebelum hujan. Evakuasi medis merupakan suatu fasilitas yang sangat penting dan dibutuhkan dalam keadaan darurat, sehingga biayanya pun menjadi sangat mahal.

Pada dasarnya, ada dua jenis evakuasi medis, yaitu evakuasi medis darat dan evakuasi medis udara. Evakuasi medis darat yang paling sering kita temui yaitu mobil ambulan. Jika pasien ingin sampai di rumah sakit secepat mungkin, ambulan dapat menjadi jawabannya.

Namun jika pasien berada di pulau terpencil, atau di dalam salah satu rumah sakit Indonesia dan memutuskan untuk menjalani pengobatan di Singapura, tidak mungkin lagi pasien tersebut dapat mengandalkan ambulan darat. Evakuasi medis udara menjadi satu-satunya solusi untuk mengantarkan pasien yang tidak bisa lagi bepergian dengan pesawat terbang komersil ke luar negeri.

Apa saja pilihan evakuasi medis udara untuk pasien?

Evakuasi udara sering menjadi pilihan keluarga pasien yang ingin membawa pasien dari rumah sakit di Indonesia ke rumah sakit di luar negeri. Ada dua jenis pilihan evakuasi medis udara, yaitu helikopter atau pesawat udara bersayap. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Helikopter merupakan jenis evakuasi medis udara yang paling sering dipilih. Jarak tempuhnya dapat mencapai 300 kilometer.

Sementara itu untuk menempuh jarak lebih jauh, pasien disarankan menggunakan evakuasi medis dengan pesawat udara bersayap. Pesawat udara bersayap seperti ini dapat menempuh jarak hingga ribuan kilometer, dan dilengkapi dengan penstabil tekanan udara di dalam kabinnya.

Apapun pilihan pasien, baik helikopter maupun pesawat udara bersayap, keduanya harus dilengkapi dengan tenaga medis berpengalaman serta alat-alat medis yang lengkap untuk menjaga kondisi tubuh pasien saat transportasi udara berlangsung.

Berapa biaya evakuasi medis udara?

Menurut Presiden Direktur Emergency Doctor Services, Edy Sukandi, biaya evakuasi medis udara berkisar di atas USD 10,000.

Sebagai contoh, penerbangan medis dari Medan menuju Malaysia atau Singapura mencapai USD 13,000. Biaya penerbangan ini juga tergantung pada lamanya perjalanan. Medan ke Jakarta misalnya, yang waktu tempuhnya lebih panjang daripada Medan – Malaysia atau Medan – Singapura, memakan biaya sebesar USD 21,000.

Tingkat kesadaran pasien juga turut berperan dalam menentukan harga evakuasi medis udara tersebut. Jika pasien benar-benar dalam keadaan tidak sadar, dibutuhkan peralatan medis tambahan untuk menjaga kondisi tubuh pasien.

Jika Anda memiliki asuransi, pastikan asuransi kesehatan Anda dapat mengcover biaya pemindahan pasien melalui udara. Kami menyarankan asuransi ini karena memberikan perlindungan atas biaya evakuasi medis udara sampai dengan 2,25 Milyar Rupiah.

Our Bestselling Product: Global Medical Plan 2.0

Mengcover medical check up dan rawat jalan

Tentang Medis Internasional

Kami adalah tim konsultan yang membantu warga Indonesia mempersiapkan diri untuk suatu saat berobat di luar negeri.

Para nasabah kami mengandalkan kami untuk mendapatkan rekomendasi Dokter Terbaik serta perawatan VIP tanpa biaya di rumah sakit mancanegara.

Kami memastikan seluruh nasabah kami dapat sepenuhnya berkonsentrasi pada proses penyembuhan mereka, sementara kami yang mengurus keperluan keuangannya.

Lindungi diri Anda dan keluarga. Bekali diri dengan informasi bermanfaat sebelum terlambat.

Rancang proteksi kesehatan Anda sendiri dengan bantuan kami.

Artikel Lainnya